Kamis, 27 Juni 2013

Jenis-jenis garam

source: namthip.com (looks yummy)
 Sebelumnya saya turut mengucapkan happy halloween kepada teman-teman yang merayakan. Semoga di tahun berikutnya, tidak usah lagi membeli kostum dan make up untuk terlihat seram. Karena tidak begitupun pasti anda sudah cukup menakutkan. Ngomong-ngomong tentang halloween yang berhubungan dengan satanisme, saya jadi ingat ada ritual membuang garam untuk mengusir setan. Ritual ini biasa dilakukan di Indonesia atau Jepang dari pengamatan yang saya tahu. Ternyata setan 11-12 yah sama siput atau binatang melata lainnya hihi..

Anyway, garam yang mau saya bahas disini bukan untuk ritual pengusiran setan, lebih mengarah ke penggunaan di makanan. Jadi inilah jenis garam yang saya ketahui, kandungan, dan fungsinya.


1. Garam dapur (Table salt)
Rumus kimia untuk garam dapur adalah NaCl. Bentuknya pasti teman-teman sudah tahu sendiri. Warna putih dan seperti pasir. Penggunaannya untuk masakan adalah memberikan rasa asin, gurih, memekatkan air, membantu mengikat ikatan pada daging dan lainnya. Asalkan penggunaannya tidak berlebihan, garam dapur ya tidak akan menyebakan darah tinggi.

2. Rock salt
Rock salt atau haite sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan garam dapur. Perbedaannya adalah rasanya yang tidak teralu asin seperti garam dapur. Menurut beberapa literatur, hal ini disebabkan karena ikatan kimia pada garam tersebut adalah KCl. Penggunaan rock salt yang baik adalah pada saat akan menyajikan makanan menurut Chris Salans. Tekstur dan tingkat keasinannya akan meningkatkan cita rasa makanan itu sendiri.

3. Garam Inggris
Ikatan kimia dalam garam inggris adalah magnesium sulfat. Nah bedanya dengan dua garam di atas adalah garam ini tidak digunakan pada dunia kulinari melainkan dunia medis. Rasanya pahit dan dipergunakan dokter dengan dosis tertentu untuk menunjang kesehatan pasien. Seperti peredam rasa sakit, keram otot, mencegah pembekuan darah, dan lainnya.

Nah, garam yang terakhir ini adalah campuran bumbu yang biasa digunakan di masakan india. Warnanya oranye kekuningan terbuat dari merica hitam dan putih, cengkeh, kayu manis, jintan putih dan hitam, serta biji kapulaha hitam putih dan hijau. Aroma yang dikeluarkan oleh garam masala sangat khas. Hati-hati, bumbu ini bisa bikin bau badan, so better you control it when kare is one of your favorite food.

Happy friday  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar